Selamat datang para calon santri-para penuntut ilmu syar'i warisan Nabi. Untuk mengikuti ujian online UMTB klik di sini!

LINGKUNGAN, BAGIAN YANG TAK TERPISAHKAN

Lingkungan adalah bagian penting dalam sebuah kehidupan. Apalagi lingkungan dakwah. Sebab, dakwah erat kaitannya dengan sesama. Apa sudah kita lakukan terhadap lingkungan kita? Apa yang sudah Anda perbuat untuk sesama sebagai bagian dari dakwah yang mulia?

BAKTI SOSIAL, BERBAGI TERHADAP SESAMA

Bakti sosial atau lebih dikenal dengan baksos ini merupakan suatu kegiatan wujud dari kepedulian atau rasa kemanusiaan terhadap sesama manusia terkhusus kaum muslimin. Sekaligus bentuk pengamalan ilmu tentang wajibnya memuliakan tetangga sebagaimana Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda,

من كان يؤمن بالله واليوم الآخر؛ فليكرم جاره

“Barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaknya ia memuliakan tetangganya”. (HR. Muttafaqun Alaihi)

Dimana dengan adanya kegiatan ini kita dapat merekatkan rasa ukhuwah islamiyah kita terhadap orang lain terkhusus tetangga kita.

Diharapkan, suatu kegiatan Bakti Sosial yang dikelola secara optimal dan terorganisir dapat mengemas misi pendidikan, dakwah sekaligus sebagai sarana alokasi bantuan materil bagi masyarakat yang membutuhkan.

Dukungan dari berbagai pihak akan menjadi suatu kehormatan dan harapan besar bagi kami. Untuk kemudian bersama-sama, dapat mewujudkan tujuan sosial kemanusiaan kemasyarakatan melalui kegiatan ini.

BENTUK KEGIATAN

Kegiatan yang direncanakan akan dilakukan pada program bakti sosial kali ini antara lain:

  1. Kerja Bakti Lingkungan

Insya Allah, kerja bakti akan dilakukan di area sekitar Ma’had As-Salafy (Sumbersalak dan sekitarnya) bekerjasama dengan warga sekitar untuk bersama-sama merawat dan peduli terhadap lingkungan bersama

  1. Pengobatan Gratis

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah kesehatan. Mengingat mahalnya biaya kesehatan di zaman ini banyak orang sakit yang tidak mau berobat karena faktor biaya, tidak terkecuali masyarakat di sekitar kita. Tidak kah hal tersebut menggugah hati untuk membantu mereka?!

  1. Pembagian pakaian layak pakai dan sembako

Sadar atau tidak sering kali kita membuang sesuatu yang menurut kita sudah tidak berharga seperti makanan sisa, baju kekecilan, dll. Tentunya barang-barang tersebut akan lebih mulia jika diberikan kepada yang membutuhkan ketimbang berakhir di tong sampah.

  1. Khitanan Massal

……………………………………………………………………………………………………………